0

Penyembuhan Pasca Operasi Glaukoma

Kita mengetahui bahwa glaukoma adalah kelainan atau gangguan mata yang berbahaya yang disebabkan penekanan bola mata yang berakibat pada rusaknya saraf optic sehingga penglihatan akan menurun secara perlahan lahan . dan akibat paling fatalnya adalah kebutaan secara permanen . Penyembuhan glaukoma memiliki banyak pilihan seperti obat minum , obat tetes mata , mengguanakan leser dan operasi . obat tetes mata dan obat minum biasanya diresepkan untuk penderita glaukoma yang ringan dan bisa juga digunakan untuk bayi yang terkena  glaukoma kongineral karena seorang bayi tidak mungkin menggunakan cara operasi dan laser untuk penyembuhan glaukoma  . sedangkan cara operasi dan laser adalah cara untuk penyembuhan glaukoma yang kronis dan sudah sampai tahap parah . Menggunakan laser hasilnya tidak akan sebagus dengan operasi . Maka dari itu operasi dipilih sebagai jalan yang terbaik dalam penyembuhan glaukoma tetapi jalan yang diambil paling terakhir juga karena selain tentang biaya yang lumayan besar . operasi glaukoma memiliki efek samping yang sangat dirasakan perbedaanya . operasi memang dilakukan ketika drainase sudah tertutup atau untuk membuat lubang agar cairan mata bisa keluar yang bertujuan untuk penyembuhan glaukoma serta mengurangi tekanan pada bola mata dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan glaukoma . 

Sumber gambar : jogja.tribunnews.com

Hasil gambar untuk operasi glaukoma

Sebelum kalian melakukan operasi glaukoma ada beberapa hal yang harus kalian ketahui operasi pertama yang akan dilakukan dokter dilansir dari hellosehat adalah pembedahan atau operasi tetapi menggunakan laser apabila sampai pada tahap ini operasi tidak berhasil baru dokter akan melakukan operasi konventional dengan metode trabekulektomi yang dikombinasikan dengan operasi untuk pengangkatan katarak . Biasanya sebelum operasi dokter akan menyuruh anda melakukan beberapa hal turutilah apa kata dokter dan ikuti petunjuknya supaya operasi berhasil . tanyakan kepada dokter tentang obat obatan yang kamu selama ini konsumsi , alergi atau obat obatan kesehatan lainnya sebelum menjalani operasi . kemudian aturlah jadwal operasi glaukoma dan juga jangan lupa dengan anaesthesist kamu . ikutilah instruksi dan petunjuk dokter sebelum operasi untuk berhenti makan dan minum . nanti dokter akan memberi instruksi apakah diperbolehkan makan dan minum sebelum operasi akan dijalankan . tetap tenang dan ikuti semua petunjuk dokter sebelum operasi .operasi akan berjalan 45 – 75 menit .ahli bedah akan membuat lubang kecil pada lapisan bagian putih mata anda dan cairan mata akan keluar pada lapisan yang ada diluar mata kemudian ditampung sementara dibawah kelopak mata . 

Dilansir dari hellosehat, inilah langkah penyembuhan atau hal yang harus dilakukan setelah operasi glaukoma : 

  1. Minggu pertama akan melakukan penyesuaian minor dan mengharuskan kita beristirahat kurang lebih 2 minggu 
  2. Menghindari aktivitas yang berhubungan dengan air seperti berenang .
  3. Jangan melakukan kegiatan seperti mengangkat benda berat , menundukkan kepala , dan lain lain 
  4. Konsultasikan kepada dokter berapa lama kita membutuhkan waktu pemulihan dan atur juga waktu untuk pengontrolan yang baik . 
  5. Mulailah beraktivitas dengan berolahraga adalah sarana yang bagus 
  6. Jika terjadi geala gejala komplikasi setelah operasi segera datang ke dokter dan periksakan . 

Operasi glaukoma adalah salah satu operasi yang sangat beresiko operasi ini juga akan menimbulkan komplikasi . permasalahan yang sering terjadi pasca oprasi glaukoma adalah lubang yang dapat menghalangi keluarnya cairan dari mata dan menganggu fungsi bleb jika fungsi bleb terganggu diperlukan operasi lain .  

  • Komplikasi yang terjadi setelah operasi glaukoma : Pandnagan menjadi kabur , pendarahan pada mata , infeksi mata , tekanan tinggi pada mata dan kehilangan penglihatan sentral secara tiba tiba dan permanen .

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>