0

Cara Untuk Menyemarakkan Penggunaan Batik Modern Bagi Kaum Milenial

Batik sudah disahkan oleh UNICEF sebagai salah satu warisan tak benda yang dimiliki Indonesia. Hal ini mampu diwujudkan setelah serangkaian proses permohonan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia agar batik bisa sah menjadi milik Indoensia selamanya. Kita harusnya bangga karena baik batik tradisional maupun batik modern mampu mengambil tempat yang spesial di hati masyarakat.

Mempopulerkan batik melalui penggunaan media sosial

Kita sebagai anak muda dari generasi kaum milenial, kita harusnya ikut mempromosikan batik sebagai sebuah kebanggaan dari negara Indoensia. Sudah ada banyak perwakilan anak muda yang mampu menggaungkan batik ke kancah internasional. Contohnya adalah desainer-desainer batik muda kebanggaan Indonesia.

Mereka mampu menggabungkan konsep batik yang dahulu terkesan tradisional dengan konsep fashion anak muda yang trendi. Dengan balutan kain batik, desain pakaian yang mereka rancang pun terlihat lebih elegan. Bahkan tak jarang pakaian batik mereka digunakan oleh tokoh-tokoh luar negeri.

Pemerintah Indonesia sudah bersusah payah untuk membuat batik diakui oleh dunia sebagai warisan tak benda dari Indoensia. Hal ini tentu saja harus kita hargai dengan baik. Kita sebagai anak muda hendaknya ikut memviralkan batik dan membuat banyak orang di luar sana mengerti akan keistimewaan batik.

Terlebih lagi batik modern mampu merambah tak hanya pada dunia fashion saja, namun juga bisa dibuat sebagai bahan baku pembuatan barang lain seperti tas, topi, dan lain sebagainya. Berbagai metode akan kita lakukan untuk ikut melestarikan batik. Hal lain yang bisa kita lakukan adalah mempromosikan batik melalui meedia sosial.

Cakupan media sosial yang luas tentunya bisa membuat batik semakin dikenal oleh masyarakat luar negeri. Cara yang bisa dilakukan untuk bisa mempromosikan batik modern melalui media sosial pun juga cukup mudah. Misalnya, kita bisa mengenakan pakaian batik dan kemudian mengunggahnya ke media sosia. Maka pengguna media sosial dari berbagai kalangan bahkan dari luar negeri pun akan bisa melihat betapa bangganya kita mengenakan batik.

Dengan metode penyebarluasan informasi melalui media sosial, diharapkan bahwa batik akan semakin meluas dan terjaga eksistensinya hingga akhir jaman nanti. Karena batik merupakan warisan leluhur yang tak ternilai harganya.  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>